Friday 11 March 2016

Pengertian dan Sejarah Blog

Postingan Kali ini saya mencoba mengulas tentang pengertian blog dan sejarahnya.

Seperti postingan saya sebelumnya sedikit sudah saya ulas tentang arti blog, namun di postingan kali ini saya mencoba mengulasnya lagi. agar teman teman lebih mengenal arti dan kegunaan Blog.

Ok nggak panjang lebar kita mulai dari :

1. Pengertian Blog.
          Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan desember 1997. Jorn Barger mengunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di update secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik di sertai dengan komentar-komentar para blogger. dengan kata lain, Weblog dapat di artikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah. seperti karya tulis, pengalaman pribadi, kumpulan link internet, dokumen (file-file word, PDF, JPG,dll) atau juga tentang riset-riset yang bisa dipertanggungjawabkan.
              Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri. seiring dengan berkembangnya weblog dari waktu-kewaktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemamuan para Blogger, (blogger adalah para pembuat blog) melalui blog para blogger bisa menuangkan ide-ide yang akan mudah untuk dimengerti para browser di internet yang kesulitan untuk untuk mencari ilmu di tempat lain. sehingga dengan perkembangannya seseorang makin tertarik membuat blog pribadi.

2. Sejarah Blog
             Blog pertama kali kemungkinan besar adalah halaman "What's New pada browser Mozaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mozaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
                 Bulan Januari 1994 Justin Hall memuali website pribadinya "Justin's Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground yang mungkin akan di sebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang ini. hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. hal ini karena saat itu di perlukan keahlihan dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website. HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya merekan yang aktif berkecimpung di bidang Internet, System administrator atau Web Designer  yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Fungsi Blog

Blog mempunyai fungsi sangat beragam dari sebuah catatan harian, media publikasi sampai media beriklan. sebagian blog dipelihara oleh seseorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. banyak juga weblog yang memiliki interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat saling berinteraksi untuk memperkenalkan para pengunjung dalam komentar. situs situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere atau yang sering di sebut blogstorm atau badai blog (SPAM).

Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi dan sebagainya. para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus di penuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misal berasal dari daerah tertentu, atau hobi tertentu dll.

Jenis-Jenis Blog

Blog Politik : tentang berita, politik, aktivis dan semua tentang persoalan blog (seperti kampanye)
Blog Pribadi : disebut juga dengan buku harian atau diary online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, puisi atau syair, gagasan gagasan tertentu dan perbincangan ringan dengan teman.
Blog Bertopik : blog yang membahas tentang sesuatu tema dan fokus pada bahasannya.
Blog Kesehatan : lebih spesifik tentang kesehatan, kebanyakan berisi tentang beberapa obat-obat yang diambil dari beberapa tanaman, tentang cara pengobatan penyakit, berita kesehatan. dll.
Blog Sastra : lebih dikenal sebagai Litblog(literatur blog / kesastraan).
Blog Perjalanan : fokus pada pembahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterang-keterangan perjalanan/traveling.
Blog Riset : persolaan tentang akademis seperti berita reiset terbaru.
Blog Hukum : persoalan berhubungan dengan hukum atau berurusan dengan hukum.
Blog Media : berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakharmonisan media massa, biasanya untuk berita di koran media atau jaringan televisi.
Blog Agama : membahas tentang agama-agama atau berita agama.
Blog Pendidikan : tentang berita dalam pendidikan, kurikulum atau tentang aktifitas keseharian para pelajarnya atau mahasiswanya dalam perkembangan sekolah atau kampusnya tersebut.
Blog Kebersamaan : topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
Blog Petunjuk (directory) : berisi ratusan link-link halaman website.
Blog Bisnis : digunakan oleh para pebisnis atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
Blog Pengejawantahan : fokus tentang obyek diluar manusia, seperti tenang hewan peliharaan.
Blog pengganggu (Spam) : digunakan untuk promosi bisnis. 


Beberapa website yang memberikan layanan blog bagi anggotanya :
1. Blogger atau blogspot (http://www.blogger.com)
2. Blogdrive (http://www.blogdrive.com)
3. Wordpress.com (http://www.wordpress.com)
4. Blogsome (http://www.blogsome.com)
5. Edublogs.org (http://www.edublogs.org)
6. Efx2.com (http://www.ef2x.com)

Kesimpulan
Dalam membuat blog dibutuhkan pengetahuan yang dalam mengenai situs ini, karena tidak semudah kita pikirkan. blog adalah satu situs yang memberikan kebebasan kepada penggunannya untuk mengekspresikan kreatifitas tentang pengetahuan dan hobi para pengguna. makalah postingan yang intinya kita jangan sampai menjadi golongan pengguna yang negatif.
saran dari penyusun gunakanlah apa yang kalian tau tentang teknologi untuk suatu kebaikan dan berguna bagi orang lain dan bukan kemudaratan. sekian dari kami bila ada yang kurang jelas biasakan lihat di blog penyusun.



1 comment:

  1. Wah saya baru tahu ternyata selain blogger dan wordpress ada blogdrive, blogsome, edublogs dan efx2 juga ya yg nyediain layanan blog??!

    ReplyDelete