Tuesday 24 May 2016

Mengedit Blog - Mengenal Dasbor Blogger

Untuk mengedit Blog kita harus mengenali dahulu menu yang ada di dasbor Platform Blog yang kita pakai misalnya :



Disini saya akan sedikit mengulas tentang platform dasbor yang ada di blog, mungkin ini tidak semua menu akan kita gunakan untuk mengedit blog nantinya, namun tidak ada salahnya kita mengenalinya.

POS

Bagian ini adalah tempat kita menulis postimngan yang akan kita ublikasikan, selain itu kita juga bisa mengedit postingan kita bahkan sekaligus juga bisa untukmenghapusnya kapan saja kita mau.

Pada umumnya artikel postingan yang kita publikasikan akan selalu muncul di awal blog setelah kita publikasikan, dan akan bergeser ke bawah jika kita membuat postingan artikel terbaru.

LAMAN 

Sama halnya dengan Pos, fungsinya Laman ini juga untuk menulis artikel/postingan dan disini kita juga mengedit juga menghapusnya, Perbedaan Pos dengan Laman yaitu : semua artikel yang kita buat lewat laman tidak terlihat di halaman awal blog kita, sehingga kebanyakan laman digunakan untuk menulis about/tentang, kontak/alamat,T.O.S dsb.

KOMENTAR

Di bagian ini kita akan melihat komentar yang masuk pada blog dengan demikian kita bisa mengontrol komentar-komentar tersebut. jika kita tidak menginginkan komentar-komentar tersebut kita bisa menghapusnya.

GOOGLE +

Fungsinya untuk mengaitkan Blog dengan google + milik kita. sehingga kita bisa secepatnya mempromosikan atau membagikan artikel postingan yang sudah kita buat ke akun google + milik kita.

STATISTIK

Halaman ini bisa kita gunakan untuk memantau statistik blog kita, disini kita bisa melihat berapa pageview blog kita perharinya, dari mana kunjungan tersebut dsb.

KAMPANYE

Ini adalah tempat kita pasang iklan di google adword, jadi jika kita mau mempromosikan blog kita bisa menggunakan tool ini.

TATA LETAK

Pada bagian tool ini kita bisa menambahkan hiasan untuk blog sehingga makin menarik, baik tex, html, javascript, jqueri, css, dsb. jika kita mau menambahkan menu pada blog, misal : penggunaaan tata letak sehingga menu blog semakin bervariasi dan menarik.

TEMPLATE

Tempat ini atau tool ini adalah tempat kita meng-edit / memodifikasi template / tampilan blog kita. karena tempalte blog / tampilan blog adalah elemen yang wajib pada sebuah blog. walau sebenarnya sudah ada template bawaan yang sederhana dari blog tersebut. namun kita juga bisa mengganti template kita nantinya.


SETELAN

Pada halaman ini kita menemukan setelan-setelan dengan berbagai tool-tool :

*Dasar 

  di sini Kita bisa mengganti judul, deskripsi, privasi, alamat blog ( bisa digunakan untuk kostum domain blogger dengan domain berbayar) menambahkan penulis blog dan pembaca blog.

*POS Dan Komentar

  Disini kita bisa mengatur seberapa banyak pos yang akan kita tampilkan dihalaman awal blog, serta setelan komentar seperti izin komentar dan letak komentar.

*Seluler dan Email

 Jika kita ingin mempublikasikan lewat email kita bisa mengaktifkan di halaman ini.

*Bahasa dan Pemformatan

  Pada bagian ini kita bisa meng-edit bahasa serta format waktu untuk Blog.

*Preferensi penelusuran

  Di halaman ini kita bisa meng aktifkan tag deskripsi selain itu kita bisa membuat pesan khusus untuk halaman error 404 blog, pengalihan khusus dan robot.txt.

*Lainnya

  Disini kita bisa meng impor, ekspor dan menghapus blog, selain itu bisa meng edit feed blog serta memasukkan ID google Analityc blog kita.


Demikian postingan saya kali ini semoga menambah wawasan buat semuanya.
semoga sukses.


        


No comments:

Post a Comment